25 Film Adaptasi yang Mengungguli Novel Asli-nya

25 Film Adaptasi yang Mengungguli Novel Asli-nya

Sudah lebih dari ratusan buku yang diangkat ke layar lebar sejak dulu. Tapi sayang, banyak sekali yang kualitas adaptasinya tidak sebagus karya asli-nya atau bisa dibilang gagal. Beberapa film bahkan memancing kemarahan kritikus.

Jika Anda adalah menyukai buku-buku tertentu dan ingin melihat versi film-nya, janganlah berkecil hati dahulu, karena beberapa film mampu menyamai, beberapa bahkan melampaui, cerita asli dari bukunya. Berikut ini adalah daftar 25 film yang mampu membuat pencinta buku juga menikmati film-nya.

25. Jurassic Park
25
Jurassic Park adalah karya epik tahun 90-an bertema fiksi-sains (sci-fi) petualangan yang disutradarai seorang master, Steven Spielberg, yang mendapatkan inspirasinya dari novel tahun 1990 karya Michael Crichton. Pendapatan film ini di daftar film laris (box office) cukup fenomenal yaitu $1,063 Milyar dan menjadi yang pertama yang berhasil mencapai pendapatan kotor melewati $ 1 Milyar di seluruh dunia.

24. Memoirs of a Geisha
13970-610x381
Hal unik tentang buku ini, yang diterbitkan pada tahun 1997 oleh penulis Amerika, Arthur GOlden, adalah bahwa secara penampakan kisah ini semuanya tentang Jepang, namun dibalik itu, cerita ini sepenuhnya adalah sisi pemikiran Amerika. Membaca buku ini serasa menonton pertunjukan ballet dengan musik, panggung, dan kostum indah namun seperti diperankan oleh penghuni peternakan – setidaknya sebegitu jauhlah penggambaran karakternya dari versi asli Jepang. Film ini tidak bercerita tentangĀ  Jepang, budayanya atau kisah asli geisha. Namun ini adalah cerita tentang pandangan orang Amerika yang salah terhadap Jepang dan Geisha yang tersaring melalui ketidakpedulian dan kesalahpahaman. Jadi, tentang apakah film ini? Bagi yang belum menontonnya, silahkan menyaksikannya.

23. Gone Girl
23
Salah satu film terbaik dalam beberapa tahun terakhir, Gone Girl bercerita tentang kisah terkait Nick Dunne (diperankan dengan baik oleh Ben Affleck), yang menjadi tersangka utama atas hilangnya sang istri. Film bergenre thriller psikologi ini dapat membawa penonton ikut merasakan ketegangan. Skenario yang dibuat oleh Gillian Flynn ini berdasarkan pada karya novelnya dengan judul yang sama pada tahun 2012.

22. The Bourne Identity
22
The Bourne Identity tak perlu diragukan termasuk ke dalam film laga mata-mata thriller terbaik dalam sepuluh tahun terakhir, film yang mampu merubah Matt Damon dari akto berbakat dan penulis skenario menjadi seorang superstar dan pahlawan film laga. Berdasarkan novel karya RObert Ludlum dengan judul yang sama, film ini meraih pendapatan global sebesar $215 juta.

21. Goodfellas
21
Goodfellas, disebut sebagai film mafia terbaik pada tahun 90-an, disutradarai oleh Martin Scorsese, diambil dari hasil karya nonfiksi berjudul Wiseguy oleh Nicholas Pileggi tahun 1986, yang ikut terlibat dalam penulisan skenarionya. Untuk perannya, Robert De Niro, Joe PEsci dan Ray Liotta sering berdiskusi dengan Pileggi yang mau berbagi hasil risetnya ketika menulis buku agar para aktor dapat semirip mungkin dengan karakter aslinya. Melihat hasilnya, sepertinya strategi itu cukup sukses.

Tags: ,

Add Comment